You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Transjakarta Tegaskan Kebijakan Sesuai Prosedur dan Aturan Berlaku
....
photo doc - Beritajakarta.id

Transjakarta Tegaskan Kebijakan Sesuai Prosedur dan Aturan

PT Transjakarta menanggapi aspirasi sopir Mikrotrans yang menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (30/7) kemarin.

"Penentuan harga rupiah per kilometer mengikuti komponen pembentuk harga yang sesuai dengan ketentuan,"

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta, Tjahyadi mengatakan, Transjakarta menerapkan sistem keadilan kepada seluruh operator dalam mengeluarkan kebijakan. Ia menyampaikan, Transjakarta telah memenuhi seluruh prosedur dan aturan yang berlaku.

"Penentuan harga rupiah per kilometer mengikuti komponen pembentuk harga yang sesuai dengan ketentuan," ujarnya, Rabu (31/7).

Sejumlah Rute Tidak Beroperasi, Transjakarta Tambah Armada Layani Pelanggan Mikrotrans

Tjahyadi menjelaskan, pembiayaan penyelenggaraan sistem transportasi publik di Jakarta yang dilaksanakan Transjakarta bersumber dari Dana PSO (Public Service Obligation) yang dialokasikan dalam bentuk layanan transportasi yang nyaman dan aksesibel.

“Jadi, subsidi bukan untuk Transjakarta ataupun operator, tetapi untuk melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitasnya,” katanya.

Ia mengatakan, pembukaan rute baru maupun penambahan layanan terhadap mobilitas armada dilakukan melalui kajian yang sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Menurutnya, apabila di luar kebutuhan akan menjadi pemborosan anggaran.

Tjahyadi juga menyampaikan, langkah ini bagian dari penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG), kelengkapan, validitas data hingga administrasi menjadi keharusan sebagai pertanggungjawaban penggunaan dana subsidi.

“Oleh karenanya setiap penyimpangan ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Ia menambahkan, Transjakarta juga menerapkan merit system kepada Operator meliputi aspek quality, cost, delivery. Kompetisi antaroperator didorong agar bisa memberikan layanan yang berkualitas, harga yang bersaing dan penyediaan armada tepat waktu.

“Masing-masing operator harus siap bersaing secara mandiri, termasuk dalam menawarkan harga," tandasnya.

Sebagai tambahan, Transjakarta melayani 280 juta pelanggan di 2023, naik 49 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menjadi gambaran maupun tolak ukur pelayanan yang telah berhasil direalisasikan Transjakarta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Wakil Ketua Komisi A Sambut Positif Program Pemutihan Ijazah

    access_time01-05-2025 remove_red_eye1910 personFakhrizal Fakhri
  2. DPRD-Koopsud 1 Bahas Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

    access_time28-04-2025 remove_red_eye1767 personFakhrizal Fakhri
  3. Ingub No 6/2025 Efektif Bentuk Kebiasaan Baru Gunakan Transportasi Umum

    access_time30-04-2025 remove_red_eye1692 personFakhrizal Fakhri
  4. DPRD DKI Ingatkan Warga Waspada Informasi Palsu Rekrutmen PPSU

    access_time30-04-2025 remove_red_eye1602 personFakhrizal Fakhri
  5. DPRD DKI Adakan Fit and Proper Test Calon Wali Kota dan Pejabat Tinggi

    access_time02-05-2025 remove_red_eye1495 personFakhrizal Fakhri

Hitung Mundur 22 Juni 2027

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik